Kegiatan


Bersama Menjaga Kepercayaan Masyarakat

Pangkalpinang – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan koordinasi dan pembekalan terkait Radikalisme - Terorisme di Bangka Belitung bersama dengan anggota Bhabinkamtibmas Polda Kepulauan Bangka Belitung yang dilaksanakan di ruang pertemuan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (12/7/2019)

 

Kegiatan tersebut diikuti ± 25 peserta yang terdiri dari anggota Bhabinkamtibmas Kab/Kota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertujuan untuk bersama-sama dalam membangun kepercayaan di masyarakat. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua FKPT Riswardi, M.Pd yang dilanjutkan dengan paparan dari ketua Fkpt yang membahas tentang sejarah pembentukan FKPT di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui SK Kepala BNPT RI Nomor : Kep.-92/K.BNPT/9/2014 tentang Pembentukan Pengurus FKPT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan beliau juga menyampaikan struktur organisasi dan tugas dari pengurus FKPT.

 

FKPT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki beberapa prestasi ditingkat nasional salah satunya pada tahun 2016 FKPT terbaik bidang sosial dan budaya; dan juga beberapa penghargaan dibidang video pendek karya dari pelajar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapat beberapa penghargaan di tahun 2017 dan 2018.

Secara umum di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung prefrensi radikal terorisme secara fisik/tindakan masih zero yang hal tersebut mungkin disebabkan karena kearifan lokal yang kental di masyarakat dan pada penelitian BNPT tahun 2016 daya tangkal masyarakat  Bangka Belitung berada pada angka 5,47 (sedang menuju kuat).

 

Melalui kegiatan ini diharapkan FKPT dan Bhabinkamtibmas dapat menerapkan strategi pencegahan antara lain :

B

:

Bersama-sama untk peduli terhadap upaya pencegahan radikal-terorisme

A

:

Agama dan adat budaya lokal harus menjadi senjata utama untuk menangkal masuknya paham radikal terorisme

B

:

Budayakan rasa cinta terhadap Negara dan Kearifan Lokal

E

:

Efektifkan SDM dan potensi daerah untuk mendukung upaya pencegahan radikal terorisme

L

:

Laksanakan komitmen bersama untuk menjaga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selalu aman, damai dan kondusif.

 

Di akhir kegiatan Riswardi juga menyampaikan peran Bhabinkamtibmas sangat penting dan vital dalam menjaga keutuhan negara karena Bhabinkamtibmas berada langsung ditengah-tengah masyarakat dan Bhabinkamtibmas harus dapat melakukan pendekatan-pendekatan sosial.